Kue Tradisional Putri Noong , terbuat dari pisang : JIC

Resep Jajanan Jawa Barat yang Manis, wajib kamu coba

 

Di setiap tempat di Indonesia terdapat banyak jenis resep makanan khas jajanan jawa barat yang mudah dikupas sendiri. Anda pasti sudah mencoba menyantap jajanan dari Bandung atau daerah lain di Jawa Barat dengan cita rasa yang nikmat. Begitu juga memasak di berbagai daerah di Indonesia sangat menarik untuk dibahas.

 

Setiap daerah memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, sehingga produk kuliner tradisional antar daerah memiliki keunikan tersendiri. Tidak ada akhir dari diskusi tentang masakan masing-masing daerah, dan kita, sebagai orang Indonesia, harus mengakui kekayaan ini. Masakan Indonesia terkenal di seluruh penjuru dunia, yang patut dibanggakan.

 

Negeri Sunda ini terkenal dengan ratusan kuliner, mulai dari makanan berat, minuman hingga jajanan yang bisa anda coba di seluruh Indonesia. Anda seharusnya mudah menemukan pedagang kaki lima yang ngemil cilok, cireng, piscok, kue bandung, dll. Hidangan ini bahkan mudah diproses oleh orang lain, dan rasanya harus menarik bagi banyak orang.

 

Jenis dan resep  hidangan kecil khas Jawa Barat  , dari tradisional hingga modern, tersedia di Jawa Barat dan sangat layak untuk dilestarikan. Jika Anda berkunjung ke Jawa Barat, akan sangat mudah untuk menemukan keistimewaan yang berbeda dengan harga terjangkau di setiap daerah. Masakan Bandung atau daerah lain di Jawa Barat terkenal dengan banyak orang, mulai dari rasa manis, asin, pedas atau lainnya.

 

Bagi pecinta jajanan manis di Jawa Barat, Anda akan menemukan banyak variasi. Berikut 5 jenis jajanan jajanan sah Jawa Barat yang bisa disiapkan di rumah. Resepnya sederhana, dan tentunya hasilnya mirip dengan aslinya. Pertama, Anda tidak perlu pergi ke Jawa Barat, Anda sudah bisa mencicipi rasanya.

 

Kue tradisional Burayot termasuk jenis kue basah

Resep jajanan Jawa Barat ini berasal dari Kabupaten Garuta. Nama ini berasal dari bahasa Sundan, yang berarti memiliki bentuk ngagayot atau hanging. Makanan pembuka ini termasuk jenis kue basah yang terbuat dari bahan-bahan sederhana. Awal penciptaan makanan ini juga tidak disengaja. Itu dibuat pertama kali oleh seorang penduduk Garuta dari tepung beras dan gula merah di rumahnya.

 

Pembuatannya cukup sederhana, yaitu persiapan bahan berupa tepung beras, gula merah dan pasir. Selanjutnya, campur gula aren, gula pasir dan air, lalu didihkan dengan api kecil sampai kental. Setelah mengental, tambahkan tepung beras. Tambahkan, tambahkan secara bertahap perlahan, aduk merata, sampai bentuk adonan siap terbentuk.

 

Adonan hanya perlu dibuat rata agar bisa dipanggang. Membalik adonan, Anda bisa menggunakan minyak di tangan Anda. Langkah selanjutnya adalah memanaskan minyak dalam wajan untuk menggoreng adonan. Setelah panas, Anda cukup menaruh adonan pipih lebih awal.

 

Tidak harus terlalu lama untuk dipanggang, karena adonan ini mengandung gula agar tidak terbakar.  Langkah selanjutnya dalam resep jajanan Jawa Barat  adalah memanggang hingga mengembang beberapa saat, lalu menusuk bagian tengahnya menggunakan batang bambu, lalu menggantungnya, memanggangnya lagi sebentar.  Setelah mengosongkan nan lem, tapi bisa dicicipi.

 

Camilan Ongola-Ongola dari orang Sundian yang khas

Makanan pembuka ini terkenal di pantai utara Jawa Barat, yang merupakan hidangan yang ditinggalkan oleh tentara Mongolia pada tahun 1200-an. Resep camilan Jawa Barat ini  terbuat dari tepung singkong atau sejenisnya untuk membuat teksturnya dapat dikunyah dan manis. Warnanya yang kecoklatan dan kelapa parut membuat penampilan hidangan ini cukup menarik.

 

Untuk penyemprotan, Anda hanya perlu menyiapkan tepung singkong, gula merah, daun pandan, air dan kelapa muda. Pertama masak kelapa parut, kukus sampai matang, tambahkan sedikit garam. Untuk membuat adonan ongola-ongol, Anda mencampur tepung singkong atau tepung anda sendiri dengan air.

 

Selain itu, dari resep manis ini untuk jajanan Jawa Barat , untuk merebus gula merah dengan pandan dan air. Setelah disaring, sisihkan larutan gula hingga dingin. Tahap selanjutnya panaskan larutan tepung dengan gula merah hingga mendidih dan mengental. Tunggu sampai memanas, lalu potong-potong dan bungkus dengan parut kelapa sebelum menikmatinya.

 

Kue Tradisional Putri Noong , terbuat dari pisang

Kata ini menantang untuk disebut sebagai putri yang mengintip. Itu berasal dari pisang yang ditutupi dengan adonan tepung dan terlihat seperti sekilas. Makanan pembuka ini memiliki rasa yang berbeda, karena sebagai isian adalah kombinasi dari rasa kelapa parut, tepung dan pisang

 

Hidangan ini sangat sering dinikmati hingga saat ini di berbagai acara keluarga Sunda.  Perpaduan rasa  resep jajanan Jawa Barat jenis ini dengan kopi atau teh hangat akan menambah keseruan pagi atau sore hari bersama keluarga. Penggunaan tepung tapioka untuk membuat tekstur saus dan pisang di dalamnya meningkatkan keunikan sediaan ini.

 

Bahan yang Anda butuhkan atau tepung tapioka atau yang memiliki tekstur serupa, tanduk pisang, gula, santan instan, kelapa parut, daun pisang dan garam. Pertama masak kelapa parut setelah memberinya sedikit garam, kukus sampai matang. Kemudian campur tepung tapioka dengan bahan lainnya hingga berbentuk adonan.

 

Selanjutnya, bungkus dengan daun dan letakkan pisang bagia n di tengah, lalu dibungkus dengan rapi. Terakhir, resep camilan Jawa Barat ini  mengukusnya hingga matang. Untuk penyajian, potong sesuka hati dan bungkus dengan parutan kelapa sebelum menikmatinya bersama orang yang Anda cintai.

 

Kue manis gemblong dengan lapisan karamel

Pembentukan camilan manis   yang berbentuk bulat dengan lapisan gula karamel ini bisa Anda temukan dengan mudah di kawasan wisata Bogor Puncak. Ini adalah buah yang banyak bagi pengunjung, karena enak dan manis. Di dalam kue ini terdapat ketan dan kelapa, yang melengkapi berbagai rasa, tidak hanya gula manis.

 

Rasa legalnya cocok untuk menjadi pendamping minuman hangat, seperti puncak, dan juga membuatnya cukup ringan. Tanpa perlu datang ke Bogor, Anda bisa membuat resep sendiri untuk camilan khas Jawa Barat ini di rumah dengan cita rasa yang tak kalah enak.

 

Siapkan bahan-bahannya berupa tepung ketan, parutan kelapa, garam, santan dan minyak goreng. Gula karamel sebagai lapisan batu mulia yang sah berasal dari campuran gula merah dan pasir. Cara membuatnya dengan mencampurkan tepung ketan dengan parutan kelapa. Jangan lupa tambahkan garam secukupnya. Setelah tercampur, perlahan tambahkan santan hingga adonan halus.

 

Adonan ini kemudian dibentuk menyerupai cincin untuk dipanggang nanti. Siapkan minyak panas lalu goreng adonan cincin  sampai matang kekuningan. Terakhir, masak karamel gula, siapkan dengan hati-hati agar tidak membakar campuran gula merah dan gula pasir. Lebih jauh dari resep hidangan kecil Jawa Barat, untuk mendapatkan permata yang sah, campur gula dengan batu mulia sampai merata. Biarkan mengeras dan kering sebelum siap dimakan.

 

Makanan pembuka Misro yang dibuat dengan bahan utama singkong

Misro berarti jeroan ikan atau manis di dalamnya adan makanan ringan yang dibuat dengan singkong dan bahan utama gula merah. Bentuknya bulat dan cukup mudah ditemukan di pinggir jalan bagi penjual gorengan. Hidangan ini saat ini bukan hanya hidangan tradisional, tetapi juga dinikmati luas oleh semua bidang kehidupan.

 

Untuk menghasilkan resep makanan manis ini sangat mudah di rumah. Pertama siapkan singkong parut, minyak goreng, gula merah dan garam. Sebelum dipanggang, sedikit garam diberikan pada adonan singkong yang dihancurkan, dan kemudian terbentuk putaran dan gula merah diletakkan di tengah secukupnya.  Langkah terakhir dari resep  camilan Jawa Barat ini  hanya digoreng sampai matang lalu dikeringkan sebelum dinikmati.

Selengkapnya